Home > Geologi Indonesia > Letak Geologi Indonesia

Letak Geologi Indonesia

Selama sejarah pembentukan bumi pada jutaan tahun lamanya itu, kepulauan Indonesia sering mengalami perubahan bentuk. Bentuk sekarang ini terutama diakibatkan oleh kejadian-kejadian sejak 86.000.000 tahun yang lalu. Pada gambar peta 1 terlihat beberapa nama bagian permukaan bumi Indonesia. Selama 86 juta – 1 juta tahun yang lalu, dataran Indonesia Barat (dataran sunda) merupakan bagian benua Asia, dataran Indonesia Timur(dataran sahul) merupakan bagian benua Australia, dan diantara keduanya terletak di daerah Indonesia Tengah (daerah Wallacea).

Gambar peta 1. Daerah-daerah relief Indonesia (Hall, 2001 dalam Argapadmi, 2009)

Sejak waktu tersebut kedua dataran itu sudah lebih kokoh daripada daerah Indonesia Tengah, kecuali pinggiran barat dan selatan dataran Indonesia Barat serta pinggiran utara dataran Indonesia Timur. Daerah pinggiran ini memang masih terus-menerus mengalami pelipatan. Hasil pelipatan inilah yang menjadi barisan pegunungan Indonesia (busur Sunda) sebagai sambungan barisan pegunungan Alpine Himalaya dan busur Pasifik seperti yang terlihat pada gambar peta 1 dan 2.

Gambar peta 2. Barisan pegunungan Alpine Himalaya

Kegoyahan daerah ini kita rasakan dalam bentuk gempa bumi, vulkanisme dan gejala-gejala sesudahnya, seperti : fumarol, solfatar, mofet dan geyser, yang akan diterangkan pada postingan berikutnya. Sejak 1 juta tahun yang lalu ada beberapa bagian dataran Indonesia Barat dan dataran Indonesia Timur yang digenangi air laut, akibat mencairnya tudung es di sekitar kedua kutub bumi. Demikian menyebabkan terjadinnya dangkalan Indonesia barat (dangkalan sunda) dan dangkalan Indonesia Timur (dangkalan sahul) yang sekarang serta bertambah dalamnya laut-laut di daerah Indonesia Tengah (di daerah Wallacea).

Dapatlah disimpulkan sekarang bahwa dipandang dari sudut pandang geologi, kepulauan Indonesia terletak pada peralihan benua ke dasar laut, dan pada pertemuan dua lipatan pegunungan muda dan tinggi yaitu lipatan Alpine Himalaya dan lipatan sabuk Pasifik.

About these ads
  1. No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: