Home > Jelajah > Berapakah Luas Alam Semesta Kita ?

Berapakah Luas Alam Semesta Kita ?

Saat kita berbaring dipadang rumput yang terbuka, sambil menatap langit yang biru dengan beberapa kumpulan awan diantaranya. Pastinya kita akan merenung dan berpikir, seberapa jauh langit diangkasa yang dapat kita jelajahi, atau kadang juga berpikir seberapa kecilkah kita dihadapan sang pencipta. Bila kita sebelumnya pernah mengetahui bahwa plenet bumi yang kita tinggali ini bagian dari sistem tata surya. Dalam tata surya ini planet bumi tergabung dalam gugusan galaksi bima sakti (milky way). Dan galaksi bima sakti bukanlah satu-satunya galaksi yang ada dalam alam semesta ini, melainkan satu dari milyaran galaksi yang ada dalam alam semesta.

Bumi terletak di dalam pesawat Galactic dari sebuah galaksi yang berbentuk cakram ini, sekitar dua pertiga dari jalan keluar dari pusat, di tepi bagian dalam dari konsentrasi berbentuk spiral gas dan debu yang disebut Lengan Orion-Cygnus. Konsep band ini samar cahaya yang terdiri dari bintang, terbukti pada tahun 1610 ketika Galileo Galilei menggunakan teleskop untuk melihatnya menjadi bintang individu. Pada tahun 1920 pengamatan oleh astronom Edwin Hubble menunjukkan bahwa Bima Sakti hanyalah satu dari sekitar 200 milyar galaksi di alam semesta yang teramati pada waktu itu.

Saat mencoba mencari tahu di sumber wikipedia, saya menemukan bahwa alam semesta memiliki luas sekitar 14 trilyun tahun cahaya! Namun apakah benar luas alam semesta hanya sebatas itu?  Angka itu sebenarnya datang dari besaran alam semesta yang bisa diobservasi oleh manusia melalui  observable universe (bisa di klik)Ternyata, bila kita cermati bagian yang belum bisa kita observasi masih sangat luas. Dengan kata lain, alam semesta ini sendiri sangat luar biasa ultra mega besarnya seperti yang bisa anda lihat pada video berikut:

Meski masih banyak bagian-bagian dari semesta ini yang belum diketahui, ada baiknya jika kita mengetahui berapa besaran luasnya  alam semesta kita yang bisa diobservasi. Disamping kita dapat mengetahui besaran alam semesta melalui tayangan video, kali ini saya juga akan menampilkan simulasi pembelajaran tentang luasnya alam semesta. Dengan melihat simulasi alam semesta melalui flash di bawah ini  semoga kita dapat memahaminya bersama.

Karena file flashnya punya kapasitas yg gede banget, jadi perlu waktu loading yang agak lama. Sabar ya sobat’  :mrgreen:  Tapi sangat berguna dalam pembelajaran  kita semua. Versi file diatas adalah versi satu, untuk versi dua yang lebih interaktif, silahkan lihat disini

Setelah melihat tayangan diatas bagaimana komentar teman-teman semua? Besar banget ya alam semesta ini? Apa yang nyiptainnya gak pusing? *ngelirik ke Tuhan* :mrgreen:  Dengan melihat ini semua, semoga kita bisa refleksi diri tentang kebesaran sang pencipta dan mengerti arti kehidupan.

About these ads
  1. roni darmawan/XI IPS 3/28
    19/06/2012 at 11:54 am | #1

    blog ini dapat menambah pengetahuan saya mengenai alam semesta yang selama ini saya tinggali. betapa besar keagungan ALLAH SWT yang telah mencipakan alam semesta yang sebesar dan sekaya ini. ternyata bumi yang kita huni selama ini belum ada apa-apanya di alam semesta. namun saya masih penasaran dengan seberapa besar luas jagad raya. dapatkah anda menyebutkan beberapa macam galaksi selain galaksi bumi kita yaitu bimasakti. padahal masih sangat banyak galaksi-galaksi di alam semesta ini. mungkinkah manusia dapat mengetahui seberapa besar jagad raya ini sementara manusia memiliki daya kemampuan yang terbatas. dan menurut saya blog ini sangat menarik untuk dibaca, dengan adanya penampilan vidoe dan media pembelajaran yang praktis.

  2. (FAESHA HASHFIANANDA – XI IPS 1 – 18)
    19/06/2012 at 1:35 pm | #2

    Setelah membaca artikel yang telah anda susun tersebut saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa alam semesta ini tidak ada yang dapat menghitung luasnya.Hanya Tuhan yang mengetahui,apabila manusia diberitahu luasnya pasti manusia akan terkejut bahkan dapat pingsan seketika,hehe :D.Sisi positif dari semua itu adalah manusia bisa lebih taat kepadaNya dan dapat menyadari bahwa manusia sangatlah kecil di mata Tuhan.Jadi Bumi yang kita tempati ini wajib kita lestarikan karena mengingat kita hanya sekedar menumpang saja.Mari kita jaga Bumi kita mulai detik ini sampai seterusnya.
    GO GREEN GO EARTH!!!!!! :D

    (FAESHA HASHFIANANDA – XI IPS 1 – 18)

  3. ganang masykur11ips5/10
    19/06/2012 at 6:35 pm | #3

    cuman ALLAH SWT yang tau luas alam semesta

  4. Nur Cholis William Waru
    19/06/2012 at 7:23 pm | #4

    Jika galaksi di semesta ini terdapat banyak macamnya, sehingga tidak semua galaksi memiliki nama. saya hanya ingin tahu seberapa lama penilitian yang dilakukan oleh seorang Edwin Hubble terkait bahwa galaksi yg kita tempati ini (Bima Sakti) hanya satu dari sekian milyar galaksi di semesta ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: