Home > Jelajah > Journey to the center of the earth

Journey to the center of the earth

Journey to the center of the earth, atau perjalanan ke pusat bumi  kedengarannya memang seperti judul sebuah film. Karna memang betul judul ini saya ambil dari sebuah film besuatan sutradara Eric Brevic yang dibintangi oleh actor kawakan Brendan Fraser yang bercerita tentang Trevor Anderson (Brendan Fraser),  Sean (Josh Hutcherson) dan seorang pemandu gua yang cantik bernama Hannah (digambarkan oleh Anita Briem), menyusuri dunia yang belum pernah ditemukan oleh orang sebelumnya. Trio penjelajah itu bertemu dengan makhluk-makhluk yang tidak terbayangkan, seperti makhluk tumbuhan pemakan daging, piranha terbang raksasa, burung bersinar, dan dinosaurus dari masa lalu. Dari penggambaran tentang makhluk-makhluk tersebut mungkin belum cukup menggambarkan khayalan dari dalam pusat bumi tersebut, yang menarik mungkin tentang teori dalam film tersebut yang mengatakan bahwa di dalam pusat bumi juga terdapat sebuah lautan, air terjun yang indah,  dan badai tropis seperti yang dapat kita temukan dipermukaan bumi. Sebenarnya lebih menarik bila kalian juga sudah menyaksikan film ini yang sudah diputar di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Namun yang menjadi pertanyaan kali ini apakah benar bahwa didalam bumi bisa kita jumpai keadaan yang sama dengan cerita tersebut. Alangkah baiknya kita telusuri keadaan pusat bumi dari segi ilmiah, tanpa mengurangi sisi menariknya seperti yang tergambar dalam film Journey to the center of the earth. 

Pada dasarnya pengetahuan manusia tentang inti-bumi (bumi bagian dalam), masih sangat sedikit sekali. Sebab sampai sekarang belum ada seorangpun yang memasuki inti bumi untuk mengadakan penyelidikan-penyelidikan. Sebenarnya manusia dapat menyelidiki bumi bagian dalam secara langsung dengan jalan mengebor atau membuat lubang dalam tanah. Misalnya pada tambang-tambang dan tembusan-tembusan dalam tanah. Akan tetapi hasilnya masih jauh dari memuaskan. Sebab sampai sekarang belum ada yang bisa menembus sampai inti bumi, yang mempunyai jari-jari bola bumi panjangnya 6370 km. Isi inti bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88,8%) dan sedikit nikel (5,8%), sulfur (4,5%) dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka. Inti bumi sendiri secara ilmiah dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu inti bumi bagian luar dan inti inti bumi bagian dalam.

Inti Bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam Bumi yang melapisi inti Bumi bagian dalam. Inti Bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km. Inti Bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 °C. Sedangkan Inti Bumi bagian dalam merupakan bagian Bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti Bumi. inti Bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. Inti Bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 °C. Disamping itu didalam lapisan bumi sebelum menuju ke intinya akan ditemukan adanya derajat geothermis atau jumlah derajat celcius yang akan dicapai tiap turun secara vertical 100m kedalam bumi. Sebenarnya pernah pada waktu dulu diadakan pembuatan tembusan Simplon (dipeg. Alpen). Dan memaksakan para pekerja sebentar-sebentar masuk bergantian kedalam tanah karena panasnya. Itu menunjukkan suatu bukti bahwa makin jauh masuk ke dalam bumi maka suhu menjadi makin panas. Sehingga dari penjelasan saya tersebut dapat disimpulkan bahwa didalam bumi seperti yang pernah dikatakan memiliki lubang atau di dunia barat terkenal dengan sebutan HOLLOW EARTH, atau beberapa perkiraan orang menyatakan bahwa nun jauh di lubang tersebut terdapat basis kehidupan lain itu tidak dapat dibenarkan secara ilmiah. Karena semakin dekat dengan inti bumi pasti akan semakin panas karena pengaruh dari temperatur yang terdapat di dalam bumi ataupun jumlah geothermisnya semakin besar.


Categories: Jelajah Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: