Home > Peristiwa > Fenomena Supermoon yang Tak Terlupakan

Fenomena Supermoon yang Tak Terlupakan

Menikmati kenampakan Supermoon lewat teleskop

Tadi malam (6 Mei 2012) termasuk salah satu malam yang bersejarah bagi saya, karena dapat mengamati Supermoon secara detail dan begitu indah penampakannya. Dengan bantuan teleskop sederhana, saya berusaha ingin mengabadikan sebuah fenomena langka ini yang kejadianya tidak pasti tiap tahun. Fenomena Supermoon sebelumnya pernah terjadi  pada tahun 1955, 1974, 1992, 2005 dan tahun lalu pada tanggal 20 Maret 2011.

Saat terjadinya Supermoon atau Lunar perigee, bulan yang purnama akan nampak lebih cantik dan besar dari pada biasanya, sebab jarak bulan lebih mendekat ke planet Bumi. Para ahli mengatakan bahwa saat Supermoon terjadi, ukuran penampakan bulan akan lebih besar 14% dan kecerahannya 30% lebih cerah.

Supermoon terjadi pada waktu Purnama bersamaan dengan perigee, waktu dimana Bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi. Jarak bulan saat fenomena itu terjadi adalah 221.802 mil dari bumi, sekitar 15.300 mil lebih dekat dari rata-rata. Titik terdekatnya, yang disebut perigee, menempatkan bulan pada jarak 356.955 kilometer dari bumi.Hal tersebut terjadi karena bulan melintasi Bumi dalam orbit elips, bukan melingkar sempurna.

Walaupun demikian, memang perubahan ukuran dan kecerahan tersebut tidak akan nampak terlalu mencolok jika dilihat dengan mata telanjang. Setelah mencapai titik orbit terdekat, barulah bulan purnama nampak sedikit terlihat perubahannya.

Dengan menggunakan teleskop, detail Bulan terlihat jelas. Kawah-kawah di permukaan Bulan tampak nyata. Saya juga melihat permukaan Bulan yang tidak rata. Jika mengamati Supermoon dengan mata telanjang, kawah takkan terlihat.

Seperti yang pernah dikatakan oleh media cetak maupun elektronik sebelumnya, kalau purnama saat Supermoon tahun ini terjadi pada Minggu pukul 10.35 WIB, sementara perigee terjadi 1 menit sebelumnya, pukul 10.34 WIB. Supermoon tahun ini adalah salah satu yang terbaik bagi Indonesia. Sebabnya, selisih antara purnama dan perigee yang sangat singkat.

Saya pun tidak mau ketinggalan dalam mengabadikan fenomena langka ini. Walau saya harus menunggu tengah malam untuk memotretnya hingga sempurna, dan hasilnyapun memuaskan  seperti yang terlihat dibawah ini :

Silakan diklik pada gambar untuk memperbesar ketiga gambar

Supermoon sebenarnya tidak dikenal dalam astronomi, hanya dalam astrologi. Supermonn tidak berkaitan dengan bencana apapun. Namun demikian, Supermoon bisa dipakai untuk memperbaiki perhitungan-perhitungan astronomis, misalnya jarak Bumi-Bulan dan diameter Bulan. Pada 28 November mendatang akan terjadi fenomena yang berkebalikan dengan Supermoon. Di akhir tahun nanti, saat Bulan purnama, Bulan sedang berada di titik terjauh dari Bumi. Semoga kita masih diberi kesempatan untuk melihat fenomena alam menarik lainnya pada tahun-tahun mendatang, salam..  😀

  1. 19/06/2012 at 11:55 am

    saya setuju dengan pendapat pak noro. supermoon merupakan bulan yg terjadi karena bulan berada di titik terdekat bumi dan ukurannya lebih besar dari biasanya. jika di lihat dari jauh dengan mata telanjangpun supermoon sudah sangat indah dilihatnya, apa lagi jika dilihat dengan teleskop. walaupun saya belum pernah secara langsung tetapi dengan adanya artikel ini, saya sudah memahami bagaimana supermoon bisa terjadi.. dan saya mau bertanya, berapa tahun sekali peristiwa supermoon ini bisa terjadi?
    sekian terima kasih

    • 20/06/2012 at 12:36 pm

      peristiwa Supermoon umumnya terjadi tiap 18 tahun sekali, namun saat ini berubah dan tidak menentu

  2. Alifyana Ninditasari
    19/06/2012 at 5:37 pm

    Menurut saya postingan ini bagus, karena artikel diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang Fenomena langka Supermoon dan artikel ini juga memiliki daya tarik untuk membacanya. Saya jadi ingin lihat Fenomena langka ini pak hehehe
    Alifyana Ninditasari – XI IPS 1/05

  3. PETA KUNTORO JATI
    19/06/2012 at 7:33 pm

    Menurut saya,fenomena supermoon merupakan fenomena bersejarah dalam kehidupan manusia karena kita dapat melihat fenomena bula purnama secara jelas sehingga kita dapat mengetahui bentuk bulan sebenarnya.

    Peta K.J
    Nomer absen 25 kelas XI IPS 1

  4. Peta kuntoro
    19/06/2012 at 7:52 pm

    menurut saya ini sangat bagus dan dapat menambah pengetahuan bagi pemabaca. Fenomenan Supermooon memang langka dan jarang sekali orang menyadarinya. Dengan adanya artikel ini orang akan tahu tentang fenomena yang langka ini. Sebenarnya saya juga baru tahu tentang fenomena ini. pak saya mau bertanya “apa akibat yang ditimbulkan dari fenomena Supermoon ini?
    Terimakasih.

    Peta Kuntoro Jati ” IPS 1/ 22

    • 20/06/2012 at 12:31 pm

      akibat atau dampak yg dapat dirasakan oleh bumi, misalnya meningkatnya gelombang pasang yang terjadi akibat gaya tarik Bulan yang sedikit lebih besar.

  5. ganang masykur11ips5/10
    19/06/2012 at 8:40 pm

    menurut saya fenomena supermoon sangat luar biasa karena fenomena ini sangat jarang terjadi setiap tahun, sangat mengecewakan jika melewatkannya. artikel ini dapatmenambah pengetahuan bagi pembaca yg belum mengerti apa itu supermoon. alhamdulillah saya kemaren tidak melewatkan fenomena supermoon ini🙂

    Ganang Masykur XI IPS 5/10

  6. ganang aghtiza nugroho
    20/06/2012 at 7:52 am

    sangat fantastis bagi para ilmuandan siapa saja yang melihatnya saat supermoon terjadi, karna jarang sekali fenomena ini terjadi, artikel ini sangat bagus untuk dibaca dan dipelajari karna sebelum kita melihat secara langsung supermoon tersebut setidaknya kita sudah mengetahui tentang bagaimana supermoon ini bisa terjadi. trimakasih🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: