Home > Jelajah > Wisata Petualangan di Perut Gunung Berapi Islandia

Wisata Petualangan di Perut Gunung Berapi Islandia

Masihkah anda ingat tulisan pertama saya tentang perjalanan ke dasar bumi ? Perjalanan ke dasar bumi atau  Journey to The Centre of The Earth, memang tidak akan pernah ada habisnya bila kita bicarakan. Baru-baru ini saya telah menemukan sebuah artikel, yang ternyata masih sedikit berhubungan dengan perjalanan ke dasar bumi. Namun kali ini perjalanan tersebut dapat ditempuh melalui sebuah paket wisata kedalam perut bumi, dan tentunya jumlah nominalnya sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan tur biasa.

Pemandangan di dalam perut gunung Thrihnukagigur

Sebuah paket tur wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan Islandia yang bernama 3H, akan membuat pengunjung dapat mengeksplorasi kedalam perut gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tersebut bernama Thrihnukagigur, yang memiliki 3 buah ruang besar di perutnya bekas tempat lava keluar dahulu. Wisata petualangan ini rencana akan dimulai pada tanggal 15 Juni sampai 31 Juli 2012. Dalam paket wisata seharga 37.000 krona (mata uang Islandia) atau sekitar 2,5 juta rupiah, para wisatawan akan diajak menjelajahi isi perut gunung berapi yang telah tidak aktif itu hingga kedalaman 120 meter.

Proses saat memasuki perut gunung Thrihnukagigur

Hanya saja, para wisatawan yang ingin masuk ke perut gunung tersebut harus relatif kuat mendaki sekitar 2 mil untuk menuju bibir lubang kawah di atas gunung. Setelah sampai di bibir kawah, wisatawan akan menggunakan lift kabel untuk turun ke perut gunung sedalam sekitar 120 meter. Mereka akan masuk ke gunung melalui lubang dengan diamater empat meter di puncaknya.

Pada gunung ini terdapat batu raksasa gunung yang menciptakan tiga ruang magma terpisah (disebut ‘Tiga Puncak Kawah’). Dalam peristiwa geologi yang langka, selama letusan terakhirnya, salah satu magma menjadi padat di dinding dalam. Sementara, lava dingin menjadi keras di permukaan dan menghalangi jalan masuknya.

Biro perjalanan penyedia tur ini menegaskan  bahwa wisatawan yang mengikuti tur dipastikan sepenuhnya aman. Karena gunung Thrihnukagigur sudah tidak aktif lagi sejak 4.000 tahun yang lalu. Gunung ini memiliki interior sangat indah, bahkan dapat dinikmati oleh orang yang takut gelap sekalipun, karena didalamnya cukup terang.  Bagian dalam gunung tersebut hampir mirip dengan kondisi sebuah gua, berisi kubah, batu-batuan berwarna warni yang menakjubkan, serta sensasi pencahayaan dari sinar matahari.

Tinggi ruang magmanya mencapai tiga kali tinggi Patung Liberty yang ditumpuk satu sama lain, dengan terowongan mencapai kedalaman 200 meter. Mereka yang memilih tur ini harus relatif bugar karena perjalanan dilakukan hingga dua mil atau sekira 40 menit. Tur melihat isi perut Gunung Thrihnukagigur  dihargai 180 Poundsterling (sekitar Rp. 2,5 juta) dengan pendaftaran lewat online melalui official website mereka. Harga paket tur wisata tersebut tentunya sepadan dengan keindahan dan sensasi petualangan yang mendebarkan ala Jules Verne, Journey to The Centre of The Earth.

Suasana didalam perut gunung Thrihnukagigur terlihat seperti sebuah film Journey to The Centre of The Earth.

Bila anda sebelumnya hanya bisa menyaksikan sensasi petualangan lewat sebuah buku atau film fiksi ilmiah. Tetapi kali ini anda bisa menikmatinya secara  langsung bila berminat ingin mencobanya. Dan tentunya paket  tur wisata ini ditujukan untuk wisatawan yang berjiwa petualang serta ingin menguji nyali mereka.

Sebagian sumber dari : Dailymail

  1. ganang masykur11ips5/10
    19/06/2012 at 6:29 pm

    wah kayaknya kalo bisa kesana keren banget, tapi butuh pengorbanan, usaha dan perjalanan yang cukup jauh

  2. salis aisyaturriza
    19/06/2012 at 7:43 pm

    masih banyak lagi keindahan alam di dalam bumi yg lain, termasuk di indonesia yg lumayan banyak

  3. tjindra
    20/06/2012 at 3:13 pm

    mnurut saya wisata alam di indonesia tidak kalah begusnya dengan wisata alam di luar hanya saja perlu adanya perhatian lebih dari pemerintah khususnya

  4. 03/04/2013 at 3:05 am

    Thanks infonya sob🙂

  5. 14/04/2014 at 2:54 am

    wah ketok’e serem nek kurugan ning jero bumi😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: